Senin, 14 Januari 2013


INILAH 2 JAGOAN TUNGGANGAN RODA 2 DI KELAS 150cc



New CB150 vs New v-ixion " head to head

   
       Inilah ke dua jagoan motor merk teranyar dikelasnnya 150cc. Motor-motor ini punya julukan sendiri- sendiri !! yang satu "SI KILAT YAMAHA" dan "STREET FIRE HONDA".

              Motor ini sih menurut gue sih disainnya lebih kece V-IXION lebih laki dan akselerasinya lumayan cetar. Tetapi kalau untuk putaran atas lebih kencengan CB150 dan lebih mebahan. 
Memang seimbang harga Honda CB150R StreetFire dan Yamaha New V-xion 150. CB150R 'hanya' Rp 22.35 jeti, lebih murah Rp 50.000 dari Yamaha New Vixion untuk versi tanpa starter tendang yang dijual Rp 22.4 jeti. New Vixion yang dilengkapi starter elektrik dan kaki dijual Rp 22.6 jeti.     
“Kami yakin harga itu akan bersaing di kelas sport 150 cc," jelas Johannes Loman, Excecutive Vice President Director AHM saat peluncuran CB150R di Sentul 12 Desember 2012. "Yamaha juga yakin dengan harga jual saat ini. Karena motor kami sudah terbukti sejak 2007 yang terkemuka," timpal Dyonisius Beti, Executive Vice President PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacuturing (YIMM) saat launching di Bandung, Jawa Barat, 15 Desember 2012.
Dari cara launching dan pengenalan produk, kedua merek ngeles untuk bentrok di segmen yang sama. Keduanya menggeser pasar sesuai karakter motor buatan masing-masing. Faktanya dari speksifikasi dan uji coba atau test ride yang dilakukan Yamaha dan Honda, memang beda alirannya. CB150R sebagai sport sejati yang doyan ngebut dan New Vixon adalah sport turing.
Perbedaan ini ditonjolkan, supaya nanti akan terpeta pasarnya. CB150R buat anak muda dari ABG pemuja speed dan New Vixion buat anak muda menanjak dewasa yang kalem. Hehehe, itu hanya kira-kira, brosist. "Kecuali benar-benar penikmat motor yang bisa membedakan kelebihan masing-masing. Harga yang ketat ini akan memecah penjualan. Karena dari tampang, keduanya sulit dibedakan. Kan sama-sama sport," jelas Haryanto atau Koh Awi seorang profesional suku cadang variasi. Termasuk variasi CB150R dan New Vixion telah trersedia di tokonya walau kedua motor tersebut belum dijual bulan lalu.
CB150R terang-terangan kejar kalangan 'ngebut'. Selain launching di Sentul yang kental dengan 'kebut-kebutan', tiga hari kemudian di Parkir Timur Senayan, Jakarta Selatan, 15 Desember 2012, diundang para pedragbike nasional diadu bersama awam. Jauh sebelumnya, sudah ada rencana dan memang telah disiapkan one make race CB150R di Sentul 2013. Semoga akan muncul banyak pembalap Moto3 Indonesia lewat motor ini.
Dengan spek mesin DOHC yang mementingkan bore ketimbang langkah torak, CB150R paling pas ditunggangi ABG, 'angkatan babe gue' juga bisa. Yang penting punyaskill memainkan tenaga enaknya pada rpm lebih tinggi. Kendati diklaim motor ini dengan mudah melenggang di padatnya lalu lintas kota. Alasan pertama mesin DOHC yang selalu terisi pada setiap tingkat putaran mesin. Kedua, merevisi derajat poros bubungan (camshaft)  buang dan final gear dari bawaan mesin CBR150. Itu mengakali agar putaran awalnya aktif. Sedang sudut kemudi 25o yang tidak bisa dibantah untuk adu gesit, santapan  anak muda juga. 
Sedang strategi Yamaha, menyebut New Vixion adalah motor serba bisa yang menjual kenyamanan. Ngebut hayo, dalam kota dilayani dan jarak jauh jempolan. Makanya diperkenalkan di Bandung, Jawa Barat, 15 Desember 2012 sembari wartawan diajak test ride langsung dengan tipografi Bandung. Menanjak, menikung dan dihiasi padatnya lalu lintas Vixion bisa dirasakan di sana. Rasanya memang tenang menghanyutkan. Hehehe
Wajar juga, sepeksifikasi dasar dari revisi Vixion lama ke New Vixion, itu bisa didapat. Malah urusan meliuk-liuk di padatnya lalulintas macet, justru Vixion yang tepat. Sebabnya, torsi sama dengan tenaga Vixion didapat lebih awal pada rpm rendah dibanding CB150R. Itu yang sebenarnya lebih berguna pada lalu lintas padat yang kebanyakan  stop and go. Kan langkah toraknya lebih besar dari diameter silinder. Di dalam kota itu butuh akselerasinya mula, brosist. Bukan ngarang, pengetest CB150R dan New Vixion, masih reporter yang sama dari maniakmotor.com.
Silakan lihat speksifikasi masing-masing dan klik  soal test keduanya. Silakan juga dibandingkan dan dipilih untuk dibeli, portal ini ogah mencap mana yang terbaik. Konsumenlah yang menentukan, dua-duanya masih motor, belum pesawat. Persoalannya kan konsumen melihat teknologi SOHC dan DOHC yang diusung masing-masing motor. “Menurut data kami, rata-rata umur konsumen Vixion dari rentang 22 sampai 30 tahun,” tambah Beti.
Walah, anak muda juga.


  • Spesifikasi New V-IXION
http://3.bp.blogspot.com/-oxlcekbRe60/UPKlAaQvC8I/AAAAAAAAACg/mUugZCHPUmY/s400/vixion.jpg

Harga tanpa kick starter
Harga dilengkapi kick starter

Rp 22.400.000
Rp 22.600.000
Dimensi

P x L x T (mm)
: 2.010 x 705 x 1.030
Jarak sumbu roda
: 1.300 mm
Jarak terendah ke tanah
: 165 mm
Tinggi tempat duduk
: 790 mm
Berat isi
: 129 kg
Kapasitas tangki bensin
: 12 liter


Kelistrikan

Sistem pengapian
: T.C.I/Transistorized control ignition
Battery
: YTZ4V / GTZ4V (MF battery 3Ah)
Tipe busi
: CR8E (NGK), U24ESR-N (Denso)


Mesin

Tipe mesin
: 4 langkah, 4 valve SOHC – fuel

  Injection, radiator
Jumlah / posisi silinder
: Silinder tunggal / tegak
Volume silinder
: 149,8 cc
Diameter x langkah
: 57.0 mm x 58.7 mm
Perbandingan kompresi
: 10,4:1
Daya maksimum
: 12.2 kW (16.59PS)/8.500 rpm
Torsi maksimum
: 14.5 Nm (1.48kgf-m)7.500 rpm
Sistem starter
: elektrik dan kick starter
Sistem pelumasan
: Basah
Sistem suplai BBM
: Fuel Injection
Kapasitas oli mesin
: Total 1.15 L

  Berkala 0,95 L

  Ganti filter oli 1 L
Tipe kopling
: Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi
: Return 5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)


Rangka atau Sasis

Tipe rangka
: Pressed backbone (Deltabox)
Suspensi depan
: Teleskopik
Suspensi belakang
: Lengan ayun, link suspense monocross
Ban depan
: 90/80-17 M/C 46P
Ban belakang
: 120/70-17 M/C 58P
Rem depan
: Cakram hidrolik, piston ganda
Rem belakang
: Cakram hidrolik, piston tunggal
Speedometernya sudah "DIGITAL"


http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRA1eWhqedcBAh614HazV2GIPhzVM1Xunp0GTR3RfAtmb12NYnJ


Tutup tangki bensin SPORTY
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTlkm_V2vaoRFRdsNt8V-dwXWgX7yGXb67HDkFUPyUA8aIGYCk3t9NlWmM





  • Spesifikasi CB150

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSuBX0U5gIM1tg2CSdaUEP8oCNWbLAze_ODvTARnbkrrFp_9yHV


Harga                                                              : Rp 22.350.000
Dimensi


Panjang x lebar x tinggi

: 2.008x719x1.061 mm
Jarak sumbu roda

: 1.288 mm
Jarak terendah ke tanah

: 148 mm
Ketinggian tempat duduk

: 790 mm
Berat kosong

: 129 Kg
Radius putar minimum

: 1.980 mm
Kapasitas tangki bensin

: 12 Liter
Mesin


Tipe mesin

: 4 langkah, DOHC, 4 katup,


  Silinder tunggal
Volume langkah

: 149,48 cm3
Sistem pendingin

: Radiator dengan kipas otomatis
Sistem suplai bahan bakar

: Injeksi PGM-FI
Diameter x langkah

: 63,5 x 47,2 mm
Transmisi

: 6 kecepatan
Pola pegnoperan gigi

: 1-N-2-3-4-5-6
Perbandingan kompresi

: 11 : 1
Daya maksimum

: 12,5 kW(17,0PS)/10.000 rpm
Torsi maksimum

: 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/8.000 rpm
Tipe starter

: Pedal dan elektrik
Tipe koling

: Manual, Wet multiplate with


  Coil springs
Kapasitas minyak pelumas

: 1 Liter pada penggantian


  Periodik
Rangka Atau Sasis


Tipe rangka

: Diamond steel
Ban depan

: 80/90-17 Tubeless
Ban belakang

: 100/80-17 Tubeless
Rem depan

: Cakram hidrolik piston ganda
Rem belakang

: Cakram hidrolik piston tunggal
Suspensi depan

: Teleskopik
Suspensi belakang

: Suspensi tunggal Prolink
Kelistrikan


Tipe baterai

: MF 12 V – 5,0 Ah
Tipe pengapian

: Full transistorized
 Speedometer "DIGITAL"

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQBtx7s7IYA-wPkJ-ksUCyKb-mfnriHxlxcFeBZu4SMDxHZ0ibN
             





TERIMA KASIH TELAH MEMBACA BLOG INI.